Harap Tunggu

24 July 2021 / Admin Di Rumah Saja, Rapat Anggota Koperasi Bisa Online!

dinaskoperasiukm.kepriprov.go.id – Di tengah masa PPKM Darurat seperti sekarang ini, aktivitas koperasi seperti Rapat Anggota, tentu masih bisa dilaksanakan.

Pemerintah sudah mengatur mengenai ketentuan dalam pelaksanaan Rapat Anggota secara daring.

Sesuai Peraturan Pemerintah No. 7 tahun 2021 tentang kemudahan, perlindungan, dan Pemberdayaan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Rapat Anggota Koperasi bisa dilakukan secara luring maupun daring.

Adapun Ketentuan Rapat Anggota dalam PP No. 7 tahun 2021 pasal 8 tersebut yaitu; (1) Rapat Anggota dapat dilaksanakan secara daring dan/atau luring, (2) Hasil pelaksanaan rapat anggota wajib disampaikan kepada Kementerian dan/atau Dinas melalui sistem pelaporan secara elektronik, (3) Jika pelaporan tidak dapat dilakukan secara elektronik, hasil pelaksanaan rapat anggota disampaikan secara manual, (4) Kementerian dan/atau Dinas memfasilitasi kemudahan pelaporan hasil pelaksanaan rapat anggota.

Rapat anggota dilakukan dengan media elektronik yang memungkinkan semua peserta melihat dan mendengar serta berpartisipasi langsung. Sarana yang digunakan berupa media telekonferensi, video konferensi, atau saran media elektronik lainnya.

Pelaksanaan Rapat Anggota secara daring, juga sudah diatur oleh Peraturan Menteri No. 19/Per/M.KUKM/IX/2015 tentang Penyelenggaraan Rapat Anggota: (a) Pengurus menyampaikan materi dan bahan rapat setiap anggota secara lengkap, jelas, dan mudah dimengerti, selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari sebelum Rapat Anggota dilaksanakan, (b) Persyaratan Kuorum dan sahnya pengambilan keputusan Rapat Anggota diatur dalam Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga/Peraturan Khusus Koperasi, (c) Persyaratan kuorum dihitung berdasarkan jumlah peserta yang mengikuti Rapat Anggota melalui media elektronik, (d) Rapat Anggota melalui media elektronik wajib dibuatkan risalah rapat yang disetujui dan ditandatangani oleh semua peserta Rapat Anggota.

Dengan adanya peraturan dari pemerintah tersebut, anggota koperasi tidak perlu khawatir lagi akan keberlangsungan aktivitas Koperasi di masa PPKM Darurat ini. Beragam jenis aplikasi untuk rapat online juga sudah banyak dan bisa diunduh untuk mendukung aktivitas dalam berkoperasi. (Rara)